Halaman

Jumat, 20 Januari 2012

Asyiknya Praktikum di Lab KIA

Kali ini kami mendapatkan mata kuliah Keterampilan Dasar Praktik Klinik (KDPK) dan Asuhan Kebidanan (ASKEB I Kehamilan). Dengan bobot 3 SKS masing-masing, Teori 1 SKS, Praktik 2 SKS. Setelah mendapatkan dasar teori dari dosen kemudian selanjutnya kami akan melakukan praktek di Laboratorium KIA Akademi Kebidanan Yogyakarta. Ini merupakan pengalaman yang berharga bagi ku... Praktik yang pertama kami dapatkan yaitu KDPK dengan pembimbing dosen luar. Sempat berpikir, "wah dapat dosen luar nih prakteknya, waduh biasanya susah hubungin". Begitu melihat papan pengumuman bahwa kelompok ku dengan 8 orang mendapatkan bimbingan dari dosen luar, dengan segera aku hubungi dosen tersebut tanpa memberitahukan teman-teman ku. Yah kalau diberitahupun mereka enggan menghubungi dosennya. Sedikit bergerak lebih cepat agar jadwalnya cepat diatur.
foto praktek menjahit luka   
Wah, asyik banget praktikumnya...! Itu lah kesan pertama yang aku dapatkan sampai nggak nyadar klo lagi dijepret alias di foto sama teman. Masih banyak lagi materi yang kami praktekan. Walaupun masih kaku-kaku dan belum terlalu bisa. Dengan berusaha dan terus berlatih semuanya pasti bisa kita lakukan.
Inilah beberapa contoh alat-alat atau phantom yang kami gunakan. Walaupun hanya menggunakan phantom tapi ini merupakan latihan dasar yang harus kami kuasai.  Capek dan lelah tidak kami hiraukan semua terbayarkan ketika kami melakukan praktek. Jadi nggak sabar praktek langsung di lahan.
foto dengan dosen pembimbing
Ini lah kami yang selalu ceria dan kompak tidak hanya dengan teman tetapi juga bersama dosennya yang sudah kami anggap seperti ibu kami sendiri. Banyak pengalaman dan pelajaran yang kami dapatkan ketika praktek. Beliau merupakan dosen pembimbing KDPK kelompok kami. Menyenangkan, mengasyikan bersama Bu Sudarti, M.Kes. Banyak pengalaman yang berharga salah satunya praktek menyuntik dan disuntik. Wow, ini sangat luar biasa! Sebenarnya phobia ku jarum suntik tapi kali ini aku berusaha melenyapkan phobia ku. Wah luar biasa kesan yang dapatkan ketika kami menyuntik dan disuntik teman sendiri dengan 2ml vit C.  Ini kali pertamanya aku menyuntik seseorang dan disuntik teman sendiri. Terima Kasih bu, banyak sekali pelajaran berharga yang kami dapatkan. Semoga ilmu yang didapatkan dapat kami gunakan dengan baik ketika praktek di lahan Semester II nanti. ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar